Universitas Indonesia Solar Boat Team (UI-SBT) Meraih Juara 2 Solar Boat Design Competition pada Event Solar Boat Pertama Indonesia, Indonesian Solar Boat Challlenge (ISBC) 2022.

Posted on: October 4, 2022, by :

Universitas Indonesia Solar Boat Team pada Tanggal 24-25 September 2022 mendapatkan juara 2 Solar Boat Design Competition dengan membawakan Kapal Prototype Kapal Si Jagur (Jayasatria Garuda) Mark III dengan pengembangan teknologi dari kapal sebelumnya. Si Jagur Mark III memiliki tipe Monohull dengan stabilizer di bagian depan, yang berfungsi sebagai penyeimbang kapal. Perancangan ini bertujuan untuk membuat kapal lebih hidrodinamik dan meminimalkan bobot kapal kosong (LWT), yang membuat kapal ini lebih efisien. Kapal ini juga dibekali dengan teknologi Hydrofoil  yang mirip dalam penampilan dan tujuan untuk aerofoil untuk  mengangkat lambung kapal keluar dari air, mengurangi hambatan dan memungkinkan kecepatan yang lebih besar.

Universitas Indonesia Solar Boat Team (UI-SBT), merupakan sekelompok mahasiswa teknik Universitas Indonesia yang memiliki minat di energi terbarukan, khususnya di bidang dari energi matahari. Kemenangan ini diraih oleh 11 anggota tim Universitas Indonesia Solar Boat Team (UI-SBT) ; Omar Rayhan Khalif, Saddam Abdul A., M. Syachril Rizki, Fahmi Aqwa, Junor Maulana Ahmad, Faiz Rizqillah, M. Elvan Nawawi, M. Ilham Aziz, M. Daffa, Merlin Raflesia, dan Vainey yang memiliki pembagian jobdesc yang berbeda-beda.

ISBC atau Indonesian Solar Boat Challenge merupakan event solar boat pertama bekerjasama dengan Solar Sport One (SSO) dari Belanda yang diselenggarakan di Indonesia sebagai wadah pengembangan ilmu teknologi kemaritiman khususnya energi terbarukan terhadap maritim di Indonesia guna mencapai Sustainable Development Goals. ISBC memiliki 3 Event utama yaitu Competition Poster Competition, Essai Competition, dan Solar Boat Design Competition), Webinar dengan narasumber Internasional dari Race For Water & Solar Sport One (SSO) , serta Talkshow dari Tim Solar Boat Belanda dan Tim Solar Boat Seluruh Indonesia.